Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Didapat di Rumah

Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Didapat di Rumah –  Ada banyak pilihan obat sakit gigi yang dapat ditemukan di rumah. Anda hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan, lalu menjadikannya sebagai obat pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi.

Sakit gigi ditandai dengan munculnya rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi. Sakit gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kerusakan gigi, tumbuh gigi, gigi bengkak, infeksi pada gusi, infeksi sinusitis, cedera, fraktur gigi, hingga tambalan gigi yang rusak.

Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Didapat di Rumah

Beragam Obat Sakit Gigi Alami
Sakit gigi tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, tapi juga bisa disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, gigi bengkak, sensitif terhadap panas dan dingin, hingga perdarahan pada gigi.

Sakit gigi bisa diatasi dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan obat sakit gigi alami yang mudah didapat di rumah. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan antara lain:

1. Air Hikmah
Anda bisa menjadikan Air Hikmah sebagai obat sakit gigi. Caranya mudah, cukup megambil 1 gelas air hikmah ( panaskan dahulu sebentar) kemudian tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hikmah hanyat tadi lalu gunakan sebagai obat kumur. Air garam dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut dan juga energi dari air hikmah mampu mempercepat proses penyembuhannya.

Berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

2. Minyak cengkeh
Obat sakit gigi alami berikutnya adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh efektif meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung senyawa kimia eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menjadikannya sebagai obat sakit gigi, Anda dapat mencampurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Kemudian, masukkan kapas dan biarkan minyak menyerap ke dalam kapas. Lalu, taruh kapas tersebut di gigi yang sakit.

Selain dengan cara itu, Anda bisa meneteskan 1 minyak cengkeh ke segelas air dan menjadikannya sebagai obat kumur. Minyak cengkeh biasanya tersedia di toko obat. Walaupun tidak dapat dikatakan efektif menghilangkan sakit gigi, cara ini dipercaya mampu mengurangi nyeri.

3. Teh peppermint
Selain bisa diminum, teh peppermint juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi dan gigi sensitif.

Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan teh celup peppermint. Caranya adalah panaskan air, celupkan kantung teh peppermint, lalu angkat dan dinginkan kantung teh tersebut di dalam freezer selama beberapa menit. Setelah dingin, gigit kantong teh peppermint menggunakan gigi yang sakit.

4. Bawang Putih
Sudah sejak lama bawang putih dipercaya sebagai obat sakit gigi. Bawang putih dipercaya mampu meredakan nyeri sakit gigi sekaligus membunuh bakteri di plak gigi.

Untuk menjadikan bawang putih sebagai obat sakit gigi, Anda dapat menghancurkan satu siung bawang putih sampai halus, lalu mengoleskannya ke area yang mengalami sakit gigi. Anda juga dapat mengunyahnya secara langsung dan merasakan khasiatnya.

5. Es Batu
Jika sakit gigi disebabkan oleh benturan yang mengakibatkan cedera pada gigi, Anda dapat menempelkan es batu yang telah dibungkus kain tipis ke sisi luar pipi. Cara ini cukup ampuh untuk meredakan nyeri.

Selain memanfaatkan bahan-bahan di atas, tentu Anda harus disiplin menjaga kebersihan gigi. Pasalnya, sering kali akar masalah sakit gigi adalah kurangnya kebersihan gigi dan mulut.

Oleh karena itu, biasakan untuk menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari yaitu di pagi dan malam. Gunakan sikat gigi berbulu sikat lembut dengan gagang yang pas agar bisa menjangkau semua sela-sela gigi. Bagi yang memiliki gigi sensitif, sebaiknya gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif ketika menyikat gigi.

Jika penggunaan obat sakit gigi alami sudah dilakukan selama 2 hari tetapi keluhan tak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter gigi. Apalagi jika sakit gigi disertai dengan gejala lain, seperti demam, gusi merah, pipi dan rahang membengkak, telinga sakit, atau sulit untuk bernapas dan menelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *